Ukuran Kabel NYA dan Pengaruhnya

Dalam dunia kelistrikan kita mengenal berbagai macam kabel dan yang kali ii kita akan bahas adalah kabel NYA. Kabel ini menggunakan inti tembaga tunggal yang berlapiskan plastik PVC. Kabel ini punya banyak ukuran yang harus diketahui oleh Anda yang ingin menggunakannya.

Ukuran Kabel NYA dan Pengaruhnya

baca juga: markasgamers.info

Kali ini kita tak hanya membahas soal ukurannya saja melainkan juga pengaruhnya dalam berbagai hal. Penasaran? Simak di bawah ini ya:

  1. Ukuran Kabel jenis NYA

Ukuran kabel NYA sangat beragam, ada yang kecil dan ada juga yang besar. Untuk daftar lengkapnya dituliskan berikut ini:

  1. Kabel jenis NYA dengan diameter 1,5 mm
  2. Kabel jenis NYA dengan diameter 2,5 mm
  3. Kabel jenis NYA dengan diameter 4 mm
  4. Kabel jenis NYA dengan diameter 6 mm
  5. Kabel jenis NYA dengan diameter 10 mm
  6. Ukuran Pengaruh Ukuran Kabel jenis NYA

Ukuran yang  telah dijelaskan di bagian atas ternyata punya pengaruh besar terhadap berbagai hal loh, ini dia pengaruh selengkapnya:

  1. Dayanya Berbeda

Setiap diameter kabel memiliki daya yang berbeda-beda. Semakin kecil diameternya  maka daya yang diberikan juga akan semakin kecil. Untuk ukuran diameter 1,5 mm daya yang diberikan adalah 1300 Watt. Sedangkan untuk ukuran diameter 10 mm adalah sebesar 10.000 Watt.

  1. Arus Listriknya Berbeda

Selain dayanya yang berbeda, arus listriknya pun juga berbeda. Semakin besar diameternya juga membuat arus listriknya makin besar. Untuk kabel dengan ukuran 1,5 mm memberikan arus listrik sebesar 6A sedangkan untuk yang 10mm bisa untuk arus listrik 50 hingga 70A.

  1. Penggunaannya

Untuk penggunaannya pun juga berbeda-beda. Namun, untuk penggunaan rumah tangga yang paling sesuai adalah kabel dengan ukuran 2,5 mm. Sebab, umumnya daya listrik di rumah tangga hanya berkisar 2.500 Watt saja.

  1. Harganya Berbeda

Pengaruh yang berikutnya adalah harganya yang akan berbeda. Besar kecilnya diameter dari kabel ini membuat harga jualnya berbeda. Untuk harga kabel dengan diameter kecil akan lebih murah dibandingkan dengan kabel berdiameter besar.

Itulah beberapa penjelasan mengenai ukuran kabel NYA yang mudah Anda pahami sekaligus dengan pengaruh ukuran tersebut. Dengan penjelasan di atas maka Anda kini bisa memilih yang paling tepat sesuai dengan kebutuhan. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kelistrikan Anda.